Kamis, 27 Mei 2010

Ilmu Politik

Sejarah Ilmu Politik
Menurut cabang ilmu pengetahuan, ilmu politik merupakan perpanjangan dari ilmu sosial. Ilmu Politik tergolong ilmu pengetahuan yang relatif masih muda dibandingkan Ilmu Sosial dikarenakan oleh perkembangannya yang terjadi pada akhir abad ke-19. Pokok bahasan ilmu sosial adalah rasionalitas dari aspek negara maupun kehidupan politik. Sebernarnya Ilmu Politik sudah lama dan telah menjadi dasar dalam kehidupan berpolitik negara-negara tetapi pengembangannya baru terjadi pada akhir abad ke-19. Berikut ini pemahaman atau sejarah penggunaan ilmu politik di negara-negara:
1. Di Yunani, pemikiran tentang negara sudah ada dan dimulai sejak 450 SM dengan tokoh pengembangnnya adalah Plato, Aristoteles, dll.
2. Di Asia, ilmu politik sudah cukup berkembang terbukti lewat tulisan-tulisan mengenai politik yang sudah baik sejak tahun 500 SM.
• China : Confucius atau K’ung Fu Tzu, Mencius, Mazhab Legalist (Shang Yang),
• India : Dharmasastra dan Arthasastra.
• Indo : Negarakertagama oleh seorang Mpu Prapanca.
Perkembangan yang baik mengenai ilmu politik di Asia lama-lama mulai surut akibat meluasnya paham barat dalam rangka Imperialisme (perebutan kekuasaan). Sementara itu di negara-negara lain perkembangan ilmu politik seperti : Jerman, Austria dan Perancis pada abad ke 18 dan 19 banyak terpengaruh oleh ilmu hukum yang terfokus pada masalah negara. Di Inggris ilmu politik merupakan suatu filsafat yang tidak bisa dilepaskan oleh sejarah negara. Sesudah terjadi konflik yang cukup besar yaitu Perang Dunia II perkembangan ilmu politik terjadi sangat pesat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar